Kejujuran “The Lost Value”

Dimanakah kejujuran itu? Sedikit demi sedikit nilai itu hilang dari nurani kita, entah apa, bagaimana sebabnya, sebuah niali yang sangat mendasar yang ada pada hati nurani kita yang sangat sulit untuk dipertahankan. Adalah kata pasti bahwa kejujuran itu selalu berpihak kepada hati nurani manusia yang normal namun kadang-kadang atau malah sering kita sebagai manusia terlalu terbuai oleh kenikmatan berbohong. Sungguh sangat ironis sebuah dasar dari kehidupan yang selama ini diperjuangkan oleh pahlawan-pahlawan kebenaran malah semakin melemah dengan semakin berkurangnya moral di negeri ini.

Kisah di Surabaya yang memperlihatkan betapa kejujuran itu sudah sangat menipis di hati nurani kita, dengan mengungkapkan sebuah kebenaran dengan harapan adanya sebuah kebaikan yang mampu mengawal generasi penerus bangsa ini malah caci dan maki yang di dapat, sungguh membuat hati ini merasa miris dan saya yakin masih banyak lagi kisah-kisah serupa yang tak terungkap. Miris sekali melihat kasus seperti itu, masa SD yang merupakan pendidikan mental dasar pada anak-anak sudah dikotori dengan pendidikan yang salah kaprah. Seorang anak dalam pedidikan dasar harusnya mendapat pendidikan moral yang baik dari lingkungan akademis dalam hal ini sekolah dan non akademis dalam hal ini keluarga dan pergaulan malah diputar balikkan pemikirannya oleh orang yang seharusnya mengantarkan mereka pada nilai2 kejujuran. Ketika pendidikan moral yang buruk apakah yang kita dapatkan nanti sebagai produk atas pendidikan yang tidak baik ini? Mudah-mudahan hal tersebut dapat menjadi pelajaran yang berharga bagi kualitas pendidikan kita yang masih perlu dipertanyakan.

Seiring semangat pemberantasan korupsi seharusnya dalam pendidikan kita diletakkan pendidikan moral khususnya kejujuran sebagai dasar mental yang baik bagi anak-anak sebagai pemimpin masa depan. Kepada Bapak, Ibu jangan pernah beranggapan bahwa hasil yang baik akan membawa kebaikan namun proses yang baiklah yang akan membawa kepada hasil yang baik. Yakinlah bahwa kualitas dari dari sebuah proses akan sangat menentukan hasil, janganlah tertipu oleh romantisme instan yang sesaat, tentunya Bapak dan Ibu sangat lebih mengerti apa itu kejujuran daripada anak-anak, ya setidaknya ajarilah betapa berharganya jujur itu. Tentunya Bapak dan Ibu tidak mau anak-anakmu nanti menjadi anak-anak yang selalu bersikap dan bertindak tanpa moral tentu saja akan sangat merugi. Bapak dan Ibu juga akan sangat bisa melihat seperti apa negara kita ketika kejujuran itu sudah tidak menjadi dasar moral kita.

Masalah pendidikan di negeri ini juga tak kalah penting kalau bisa dikalkulasi seberapa banyak sih jam buat pelajaran moral dan rohani yang ada pada sekolah dasar kita? Paling 1 banding 8 itupun kalau gurunya masuk, sedangkan seberapa banyak sih interaksi moral diluar lingkungan akademis melihat zaman sekarang orang tua sibuk dengan pekerjaan, dengan arisan-arisannya, dengan rumpi-rumpinya, ditambah lagi pengaruh negatif dari luar seperti televisi dan internet tanpa batasan akan semakin mengikis moral genarasi penerus bangsa ini. Berbagai permasalahn itulah yang membuat sulitnya memberikan pendidikan moral yang baik pada anak-anak kita

Sedikit usulan dari saya, untuk yang memiliki otoritas pendidikan di negeri ini perlu saya tegaskan lagi bahwa dasar mindset seseorang adalah pendidikan dan untuk pendidikan di negeri kita tercinta ini akan sangat baik ketika ditambahkan pelajaran baik praktik formal maupun informal yang menyangkut moral dan etika yang nantinya akan bermanfaat di kedepannya. Yang kedua adalah kepada Bapak dan Ibu pemilik generasi emas negeri ini marilah kita poles emas-emas kita anak-anak kita dengan pendidikan moral dan etika yang baik apapun itu bentuk dan caranya yang mana nantinya generasi emas ini akan menjadi emas yang selalu berkilau akan moral dan etika kedepannya dan andalah yang sangat berkesempatan melakukan pendidikan itu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s