Minyak

Indonesia saat ini memiliki potensi untuk memproduksi gas yang cukup besar. Menurut Wakil Presiden Jusuf Kalla, dalam waktu sepuluh tahun mendatang Indonesia akan menjadi produsen gas terbesar di dunia. Hal tersebut dikatakan ketika beliau menyampaikan sambutannya dalam acara Indogas di Jakarta Convention Centre Jakarta (Detik Finance, 19/01/09).

Selanjutnya, Jusuf Kalla juga mengatakan, potensi produksi gas Indonesia bukan hanya hanya ada di lokasi Arun Aceh dan Bontang Kalimantan Timur saja, tapi juga ada di beberapa tempat lain seperti di Donggi Senono Sulawesi, di Masela Laut Timor dan Semai di Kawasan Indonesia Timor, Tangguh di Papua dan Natuna di Kepulauan Riau.

Untuk mengerjakan dan merealisasikan potensi tersebut, harus berupaya keras antara lain dengan memberikan beberapa insentif fiscal dan daya tarik lainnya agar para investor berminat untuk menanamkan modalnya di bidang migas khususnya gas alam. Sebagai salah satu sumber daya alam, gas juga telah memberikan kontribusinya sebagai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Misalnya, pada tahun anggaran 2008 realisasi PNBP dari gas mencapai Rp 42,6 Triliun atau sekitar 125,89% dari yang ditargetkan. Untuk tahun 2009, peneriman SDA dari gas ini direncanakan akan mencapai Rp 39,1 Triliun. Adapun kebijakan yang akan dikeluarkan pemerintah dibidang migas ini, menurut Wakil Presiden bukan hanya akan menguntungkan Negara, tapi juga bagi operator, karena pemerintah saat ini sedang mengupayakan insentif agar semakin banyak investasi di bidang migas yang masuk ke Indonesia.

Walaupun saat ini lebih dari 90% produksi gas diekspor, namun pada waktunya nanti, gas yang dihasilkan baru akan diekspor apabila pasokan untuk dalam negeri telah terpenuhi, karena diperkirakan kebutuhan gas dalam negeri akan meningkat sejalan dengan pertumbuhan industri dalam negeri yang sangat pesat. Jadi sebelum diekspor, harus dipenuhi dulu kebutuhan domestic karena industri domestic, seperti pabrik pupuk juga membutuhkan gas dan hal ini akan berdampak pada penciptaan lapangan kerja. Dengan meningkatnya produksi gas di beberapa lokasi tersebut, diharapkan kebutuhan industir terpenuhi dan ssisanya akan diekspor yang akan menghasilkan penerimaan bagi Negara juga bagi investor. (Y/T)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s