TRIK PSIKOTES

Mudah-mudahan jadi info yang berguna bagi yang lagi cari kerja

Sebelum kita mengetahui trik trik dalam psikotes sebaiknya kita tahu apa sih arti dan fungsi psikotes…monggo silahkan dibaca

Tes psikologi adalah serangkaian kegiatan pengukuran untuk mendeskripsikan seseorang, baik kemampuan (ability), kepribadian, kecenderungan dan sebagainya. Berdasarkan keputusan yang akan diambil dalam pengukuran, maka tes psikologi mempunyai fungsi sebagai berikut:

Fungsi seleksi

Tes psikologi berfungsi sebagai seleksi jika digunakan untuk memilih individu-individu yang cocok/sesuai dengan kualifikasi yang diharapkan.. misalnya tes masuk suatu lembaga pendidikan atau tes seleksi jabatan tertentu. Berdasarkan hasilh-asil tes psikologis yang dilakukan, pimpinan lembaga dapat memutuskan calon-calon pelamar yang dapat diterima dan menolak alon-calon lainnya.

Fungsi Klasifikasi

Yaitu mengelompokkan individu-individu dalam kelompok sejenis. Misalnya mengelompokkan siswa yang mempunyai masalah sejenis, sehingga dapat diberi bantuan yang sesuai dengan masalahnya. Atau mengelompokkan siswa ke dalam program khusus tertentu.

Fungsi deskripsi

Tes ini berfungsi untuk menjelaskan profil seseorang, baik kepribadian, tingkahlaku, kemampuan, minat dan bakat dan sebagainya

Mengevaluasi suatu treatment

Tes psikologi digunakan juga untuk mengavaluasi suatu treatment/tindakan yang telah dilakukan terhadap seseorang atau sekelompok individu. Ini untuk mengavaluasi sampai tingkat mana keberhasilan treatment yang sudah diberikan. Evalusi ini sangat membantu untuk meneruskan tindakan selanjutnya yang akan diambil.

Menguji suatu hipotesis

Tes psikologi juga bisa digunakan menguji sebuah hipotesis dan asumsi yang ada. Ini dikarenakan, bahwa tes psikologi terbuat/disusun dari sejumlah penelitian yang ilmiah sebelumnya.  Contoh penggunaan tes psikologi untuk menguji hipotesis ini seperti membandingkan hasil eksperimen yang sudah didapatkan dengan tes psikologi yang sudah dibakukan. Jadi hasilnya dapat di compare (membadingkan), ataupun tes psikologi bisa langsung menguji hipotesis dengan menurunkan indicator-indokator dari tes psikologi yang baku.

(dikutip dari http://www.psychologymania.com)

1. TES INTELEKTUAL

Yang terdiri dari berbagai macam, yaitu:

a. CFIT = Culture Fair Intelegence Tes; Untuk mengungkap kemampuan mental umum

b. TIU = Tes Intelegensi Umum; Untuk mengungkap kemampuan mental umum

c. TKD = Tes Kemampuan Dasar; Untuk mengukur kemampuan dasar individu

d. AA = Army Alpha; Untuk mengetahui daya tangkap/daya konsentrasi orang

e. ADKUDAG = Administrasi dan Keuangan; Untuk mengetahui kemampuan administrasi dan keuangan

f. IST = Tes inteligensi; Yang terdiri dari 9 subtes yang didasarkan pada anggapan bahwa struktur inteligensi tertentu cocok dengan pekerjaan atau profesi tertentu.

A. Tes Logika Aritmatika

Tes ini terdiri atas deret angka. Yang diukur dalam tes ini adalah kemampuan analisa anda dalam memahami pola-pola/kecenderungan tertentu (dalam wujud deret angka) untuk kemudian memprediksikan hal-hal lain berdasarkan pola tersebut. Tipsnya:

1) jangan terpaku pada deret hitung atau deret ukur perhitungan matematika saja yaitu jangan terpaku pada 3 -4 angka terdepan dalam deret namun adakalanya anda melihat deret secara keseluruhan karena pola bisa berupa urutan, pengelompokan berurutan maupun pengelompokan loncat.

2) Ingat keterbatasan waktu. Jangan terlalu asyik dan terpaku hanya pada sebuah soal yang penasaran ingin anda pecahkan, lompati ke soal berikutnya karena terkadang soal di bawahnya lebih mudah dipecahkan dibandingkan soal sebelumnya.

3) Anda bisa melatih kemampuan anda ini dari buku-buku tes UMPTN/SPMB untuk materi deret hitung/deret ukur. Contoh:

- 16 8 4 2 1 1/2 … …

- 45 15 18 6 9 3 … …

B. Test Logika Penalaran

Tes ini terdiri atas deret gambar baik 2 maupun 3 dimensi. Yang ingin diukur dalam tes ini adalah kemapuan anda dalam memahami pola-pola/kecenderungan tertentu (dalam wujud gambar) untuk kemudian melakukan prediksi berdasarkan pola anda tersebut: Tipsnya: konsetrasi, hati-hati dan teliti. Karena bentuk-bentuk yang ditawarkan hampir serupa walau tak sama.Contoh:

C. Analog Verbal Test.

Tes ini terdiri atas 40 soal yang berisi sinonim/antonim/analog suatu kata. Yang diukur dalam tes ini adalah kemampuan logika anda terhadap sebuah kondisi, untuk melihat sejauh mana anda memahami sebab-akibat suatu permasalahan. Tipsnya: Apabila anda bermasalah dengan konsentrasi dan logika, anda bisa mem-bypass-nya dengan menghafal soal dan jawaban. Karena beberapa kali penulis menghadapi tes in, soal yang diberikan relatif sama. Contoh:

- wanita : kebaya = pria :

- a. sepatu b. baju c. topi d. jas

- kubus : pyramid = empat persegi :

- a. peti b. mesir c. pentagon d. segitiga

2.TES KEPRIBADIAN

a.EPPS

Atau Edwards Personal Preference schedule; Alat tes yang mengukur kepribadian orang dilihat dari kebutuhan-kebutuhan yang mendorongnya (16 faktor).
Tes ini biasanya menanyakan apa yang akan kamu lakukan pada suatu keadaan,setiap soal ada 2 pilihan jawaban. Dan ini soalnya biasanya banyak banget, rata – rata ada 250an soal

b.DAM&BAUM

Atau Draw A Man Tes (Tes Gambar Orang); Untuk mengetahui tanggung jawab, kepercayaan diri, kestabilan dan ketahanan kerja

Dimana kamu akan dikasih kertas kosong dan diberi perintah untuk bikin gambar pohon, trus dikertas lainnya gambar orang, di kasih kertas lagi di suruh gambar pohon, orang, & rumah. ini juga termasuk dalam test kepribadian. (gw pernah kaya gini… )

BAUM Test termasuk dlm test Grafis. Klo kamu gak bisa gambar, gak usah kuatir, karena yg dinilai bagus atau tidaknya gambar tsb. yg di liat tuh, besar-kecil gambar, tarikan garis (tegas atau tidak atau patah2), letak gambar (kanan-kiri, atas-bawah, atau center) biasanya testee juga nanya klo gambar pohon, itu pohon apa??? klo orang dia lagi ngapain, trus jenis kelaminnya apa?, klo yg disuruh gambar orang, rumah, & pohon, itu untuk melihat keselarasan orang tersebut menghadapi dua aspek rumah & pohon. Tiap2 gambar ada artinya

GAMBAR POHON

Dalam Psikotes ada tes yang mengharuskan kita menggambar pohon nah menggambar pohon ini merupakan penilaian dari aspek diri kita, apa yang dilihat dari tes ini tentang gambar anda….

Pohon anda terletak di mana pada bidang kertas?

* Di tengah
Anda praktis dan rendah hati. Sama seperti anda yang memilih di bagian tengah, anda juga menerapkan pendekatan jalan tengah. Anda menangani masalah-masalah dengan sikap mengharapkan yang terbaik dan membayangkan yang terburuk. Dengan cara ini anda siap dengan apapun yang terjadi.

* Di bagian bawah
Anda lebih suka melakukan riset terlebih dulu sebelum memutuskan apakah anda merasa yakin atau pesimistik akan sebuah solusi, ini disebabkan bagian bawah dari pertengahan halaman melambangkan pendekatan hidup yang membumi.

* Tinggi di atas
Anda melihat hikmah dari semua masalah. Semakin tinggi letak pohon anda menunjukkan sikap anda yang semakin tinggi dalam memandang hidup. Kendati pun hal-hal terjadi tidak seperti yang anda inginkan, anda memandangnya sebagai pengalaman pembelajaran.

Batang pohon seperti apa yang anda gambar?

* Lebar
Batang pohon melambangkan kekuatan emosional. Batang lebar berarti anda bisa tetap tenang dan tidak mudah marah. Anda pusat ketenangan di tengah badai. Pendirian anda juga kuat.

* Ramping
Anda fleksibel dan terbuka dengan pandangan-pandangan atau pendapat orang lain. Anda juga sensitif dan banyak empati untuk masalah orang lain.

* Pohon bercabang di puncak
Anda terpecah di antara beberapa pilihan hidup saat ini

Berapa tinggi pohon anda?

* Lebih dari setengah tinggi kertas
Menggambar pohon lebih tinggi menunjukkan hasrat untuk mencapai prestasi yang tinggi dalam hidup. Anda juga dermawan dalam soal uang. Dan dalam bekerja anda seksama serta men cek ulang untuk memastikan anda bekerja dengan baik.

* Tinggi pohon kurang dari setengah tinggi kertas
Anda puas dengan hidup ini apa adanya.anda juga hemat dan sangat efisien.

Pohon anda terletak di mana?

* Di tanah
Anda mendambakan rasa aman dan stabilitas. Anda menyukai kehidupan keluarga dan lebih suka pekerjaan di mana anda bisa bertahan bertahun-tahun.

* Di pot
Anda sangat sibuk bekerja sepanjang waktu. Anda senang berpergian dan bertualang, serta mengenal orang-orang baru dan tempat-tempat baru.

* Di puncak gunung
Anda mendambakan perhatian dan senang menjadi pusat perhatian. Anda adalah entertainer alamiah dan komunikator ulung yang membuat orang tertarik pada anda.

* Melayang di awang-awang (tidak ada dasarnya)
Anda impulsif dan spontan. Anda sangat mudah menjadi senang jika sesuatu mengilhami anda.

* Di pulau
Anda memerlukan banyak waktu untuk menyendiri untuk mengisi ulang energi anda, juga membantu anda untuk menemukan solusi dari masalah anda

Apakah pohon anda mempunyai dahan?

* Ya
Anda adalah orang yang berorientasi pada otak kiri. Dalam survei-survei, dahan-dahan digambar oleh orang yang logis dan analitis. Anda jarang kehilangan kesabaran karena anda terlalu sibuk memikirkan solusi rasional untuk semua masalah yang muncul.

* Tidak
Jika anda hanya menggambar kerangka dasar pohon, berarti anda dikuasai oleh otak kanan yang intuitif. Anda mengikuti instink-instink anda dalam segala sesuatu, mulai dari menerima pekerjaan sampai berteman dengan orang baru. Dan biasanya anda benar.

Pohon anda condong ke arah mana?

* Ke kiri
Anda cenderung memendam apa yang anda pikirkan. Sikap anda konsevatif dan introvert. Anda tidak menyukai guncangan-guncangan . Meskipun anda tidak setuju anda akan menyimpannya untuk diri sendiri.

* Ke kanan
Anda berorientasi pada aksi.anda akan mengatakan apa yang anda pikirkan kendatipun bertentangan dengan pandangan-pandangan orang lain.

* Lurus
Anda berada di tengah antara memendam perasaan-perasaan anda dan mengungkapkannya. Jadi anda cenderung memilih perang dengan diri anda. Anda akan bicara hanya jika masalah itu benar-benar penting untuk anda.

Apakah anda menggambar akar?

* Ya
Akar melambangkan keluarga dan sejarah, berarti masa lalu penting bagi anda. Anda menganggap itulah dasar dari siapa anda saat inidan membantu anda memahami diri sendiri secara lebih baik anda menyukai tradisi keluarga, resep-resep yang diturunkan dari ibu, juga pusaka/peninggalan dari keluarga anda.

* Tidak
Anda fokus pda masa depan. Anda mandiri dan senang menciptakan tradisi-tradisi baru. Anda belajar lebih banyak tentang diri anda dengan merasakan situasi-situasi baru dan bertemu dengan orang-orang baru.

Apakah pohon anda lebih didominasi daun (bagian daun lebih dominan) ?

* Ya
Anda adalah pemikir yang dalam. Studi-studi menunjukkan daun melabangkan pemikiran. Orang-orang yang menggambar daun adalah orang yang selalu memikirkan apa saja. Selain membuat anda suka merenung dan introspeksi, sifat ini juga membuat anda mengambil keputusan dengan hati-hati. Karena anda cenderung melihat manfaat dari semua masalah.

* Tidak
Anda cenderung memandang dunia ini adalah hitam dan putih. Kurangnya daun berarti anda tidak mudah tergoyahkan dengan banyaknya warna abu-abu dari suatu masalah. Anda tidak membuang waktu memusingkan solusi dari sebuah masalah. Anda memilih sevuah rencana aksi dan bergerak ke depan.

Apakah anda menggambar yang lain selain pohon?

* Buah / kacang pada pohon
Yangmembuat anda paling bahagia adalah melihat hasil pekerjaan yang dikerjakan dengan baik.

* Rumput di bawah
Anda punya rumah dimana para tamu mersa disambut baik dan keluarga anda betah tinggal disana, mebuat anda merasa paling damai.

* Ada bunga di bawah pohon
Anda paling bahagia jika dikelilingi kebahagiaan (orang-orang disekitar anda bahagia).

* Ada burung/hewan/ orang di sekitar pohon
Anda cinta pada keluarga dan teman-teman, dan itu adalah kebahagaiaan terbesar anda.

* Ada ayunan di pohon
Anda paling bahagia jika meluangkan waktu untuk bersenang-senang.

c. WARTEGG;

Untuk mengetahui emosi, imajinasi, intelektual dan aktifitas subjek

Pernah ikut psikotes dan disuruh gambar atau melengkapi gambar dengan delapan kotak? Gw pernah…

Ini disebut Wartegg Test (bukan warung tegal )

Dalam Wartegg Test, kamu akan diberikan selembar kertas yg berisi 8 kotak yg ada stimulus-stimulusnya, kemudian testee akan memberikan perintah untuk melengkapi gambar yg ada di kotak tersebut.

Isi dari masing2 gambar:

Spoiler for gambar:

- gbr 1. berupa titik ditengah kotak: ini menyangkut hal2 yg berhubungan dengan penyesuaian diri, yaitu bagaimana seseorang menempatkan diri dlm lingkungan

- gbr 2. berupa ~ tp berada di kotak sebelah kiri: menunjukkan fleksibilitas perasaan.

- gbr 3. berupa 3 garis horisontal dr pendek, sedang tinggi sejajar: mengukur hasrat untuk maju/ambisi

- gbr 4. berupa kotak kecil di sebelah kanan: mengukur bagaimana seseorang mengatasi kesulitan

- gbr 5. seperti huruf T tp miring (susah gambarin nya): mengukur bagaimana cara bertindak.

- gbr 6. berupa garis horisontal & vertikal: mengukur cara berpikir/analisa & sintesa

- gbr 7. berupa titik2 melengkung: menyangkut kehidupan dan perasaan (apakah sudah stabil, kekanakan)

- gbr 8. berupa lengkungan: mengenai kehidupan sosial/hubungan sosial

mungkin kamu bertanya-tanya apa fungsi tes melengkapi gambar di atas, dan apakah tes di atas sebenarnya adalah untuk mencari tahu siapa diantara peserta yang paling pintar menggambar atau tidak, ternyata tes di atas bukan untuk mengetahui kemampuan menggambar melainkan hal tersebut merupakan salah satu cara dari beberapa cara yang digunakan oleh psikolog untuk mengetahui kepribadian dari cara menggambar.

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa tes menggambar ini tidak memerlukan kemampuan menggambar, melainkan hal ini hanya suatu cara bagi seorang penguji/psikolog untuk mengetahui kepribadian kamu dari cara menggambar dan apa yang kamu gambar.

Berikut Rahasianya:

Urutan menggambar sebaiknya anda buat kombinasi antara sesuai nomor dan acak. Misalnya 1,2,3,4 kemudian 8,7,6,5. Karena apabila anda menggambar berdasarkan urutan 1,2,3,4,5,6,7,8 anda dipandang HRD sebagai orang yang kaku/konservatif sedangkan apabila anda menggambar secara acak misalnya 5,7,6,8,3,2,4,1 anda akan dipandang HRD sebagai orang yang terlalu kreatif, inovatif dan cenderung suka akan ‘breaking the low‘.

Kalau anda bergender lelaki jangan mulai dengan nomor 5, karena beberapa anggapan menyebutkan hal ini berpengaruh terhadap orientasi seks anda. Berikut ini adalah salah satu contoh pengerjaan yang pernah digunakan penulis untuk melewati tahap psikotes ini:

Tes Wartegg mengharuskan peserta untuk melengkapi gambar yang terdiri dari 8 gambar, 4 diantaranya berupa garis lurus (Gambar III, IV, V, dan VI) dan empat lainnya berupa garis lengkung (Gambar I, II, VII, VIII).

Yang perlu di ingat adalah untuk garis lengkung, sebaiknya kamu gambar benda hidup dan untuk garis lurus yang kaku sebaiknya kamu gambar benda mati. Jika kamu gambar terbalik, misal garis lurus digambar dengan bunga, hewan dan sebagainya atau garis lengkung digambar dengan mobil, mesin dan sebagainya, hal ini menandakan “ada yang salah” dengan jiwa atau kepribadian kamu…

Selanjutnya dari cara menggambar pun bisa kelihatan kepribadian seseorang misal: jika saat mengambar kamu terlalu sering menghapus atau kotor menandakan bahwa kamu adalah orang yang peragu atau tidak terencana dan jika kamu gambar terlalu kuat untuk garis yang seharusnya lembut berarti kamu termasuk orang yang keras kepala…

Apa yang kamu gambarpun juga menunjukan kepribadian atau kemampuan IQ kamu. Kalo kamu gambar sesuatu yang “biasa saja dan umum” tentu penilaian tingkat kecerdasannya akan berbeda dibanding jika kamu menggambar “sesuatu yang tidak terpikirkan oleh orang lain dan berwawasan”

d. KREAPLIN/PAULI TEST

dalam tes ini peserta diminta untuk menjumlahkan dua angka yang berdekatan dalam waktu tertentu di setiap kolom dan menuliskan disampingnya. Untuk mengukur sikap kerja dan prestasi kerja (daya tahan, keuletan, sikap terhadap tekanan, daya penyesuaiaan, ketekunan & konsistensi, kendali diri)

Nah…. Tipsnya :

1)Gunakanlah alat tulis dalam hal ini pensil biasa atau pulpen saja, karena tes ini sangat terikat memperhatikan waktu.  hematlah waktu dengan tidak melakukan persiapan yang sia sia.

2) Berusaha agar jumlah angka yang dijumlahkan di masing-masing kolom stabil karena kestabilan dalam tes ini sangat berpengaruh. kestabilan dalam penjumlahan ini akan lebih baik jika dibandingkan anda memaksakan diri untuk proses di awal tes namun akan terdesak di pertengahan dan akhir tes. berusaha stabil, tenang dan hemat tenaga.

3) Jangan sekalipun melakukan cheating terhadap waktu maupun hasil penjumlahan. Hal ini akan merugikan anda sendiri karena justru untuk cheating anda akan membutuhkan waktu sekian detik untuk memutuskan dan itu berarti justru membuang waktu dan memubuat grafik penjumlahan anda tidak alami.

Hal yang paling penting dari keseluruhan tes kraeplein adalah konsentrasi. Terkadang anda akan merasa blank padapertengahan tes, namun anda harus bisa bangkit & fokus lagi pada tes. Untuk itu kondisi fisik sangat berpengaruh. Usahakan tidak begadang dan sarapan dahulu sebelum berangkat tes karena model tes ini sangat menyedot energi anda.

Untuk mengungkap ketelitian,kecepatan, kestabilan dan ketahanan kerja

Contoh : Kraepelin-Pauli Test

3 6 8 4 6 3
7 5 9 8 5 9
2 8 4 0 3 5
7 1 9 7 1 6
8 3 5 8 6 9
5 7 2 1 7 6
3 9 3 6 2 3

Dalam test ini anda diminta untuk menjumlahkan angka di dalam masing-masing kolom dari bawah ke atas. Angka penjumlahan yang dituliskan adalah 0-9. Jika hasil penjumlahannya melebihi angka 9, yang ditulis adalah digit yang di belakangnya.

7
–> 6
9
–> 5
6
–> 9
3
–> 0
7
–> 8
1

Penjumlahan di setiap kolom dibatasi waktu. Jika waktunya habis, anda harus segera pindah ke kolom berikutnya dan melakukan penjumlahan lagi dari bawah ke atas, dst-nya.
Setelah selesai nanti dapat ditarik garis dari baris tertinggi yang terjawab dari kolom-1 hingga kolom akhir sehingga terbentuk suatu kurva.
Trik cepat menghitung begini caranya..
kalo pertambahan 9 itu kadang susah hapal, caranya gampang :

penjumlahan 9 caranya angka penambah nya dikurang 1 (list merah)
misal 9 + 6 = 15 biasanya ditulis 5 —–> 6 dikurang satu = 5
9 + 8 = 17 biasanya ditulis 7 —–> 8 dikurang satu = 7

penjumlahan 8 caranya angka penambahnya dikurang 2
misal 8 + 5 = 13 biasanya ditulis 3 —-> 5 dikurang 2 = 3
8 + 7 = 15 biasanya ditulis 5 —-> 7 dikurang 2 = 5

untuk penjumlahan 7, angka penambahnya di kurang 3
untuk penjumlahan 6, angka penambahnya di kurang 4
untuk penjumlahan 5, angka penambahnya di kurang 5
untuk penjumlahan 4, angka penambahnya di kurang 6
dan seterusnya..

kedua tes ini hampir ga ada perbedaan (ini yang bikin pusing… )

Semua berisikan kertas dan angka yg membedakan hanya cara dan jumlah isinya…..dan KRAEPPELIN memiliki jumlah deret angka yg lbh bnyk, biasanya sang psikolog hanya menginstruksikan “pindah” pada waktu tertentu dn berbeda2 utk melihat daya tahan otak dan konsistensi….

f. RM

Atau The Rothwell Miller; Untuk mengetahui minat seseorang terhadap jenis pekerjaan

g. PAPI Kostick

Alat ini menjabarkan kepribadian dalam 20 aspek yang masing-masing mewakili need atau role tertentu, tinggi rendahnya need atau role tertentu mempunyai arti yang spsesifik, konfigurasi yang diperoleh adalah gambaran dari pilihan testee yang bermuatan need atau role dan dibandingkan dengan need atau role lain dalam keseluruhan system kepribadian berdasarkan persepsi testee atas dirinya sendiri.

Namun demikian, tes psiko hanyalah merupakan suatu alat buatan manusia untuk mengetahui kepribadian seseorang secara umum saja.

Kesimpulan yang dihasilkannya boleh jadi berbeda dengan kepribadian yang sesungguhnya. Hal ini diakui oleh para psikolog sendiri bahwa tidak ada satu pun tes di jagad raya ini yang benar-benar akurat dapat menilai kemampuan dan kepribadian seseorang.

(dikutip dari berbagai sumber)

LATIHAN GRATIS PSIKOTES

silahkan kunjungi

http://ggkarir.com

http://wongkediri.com/pauli


49 thoughts on “TRIK PSIKOTES

  1. kalo dipikir2 yah za….

    psikotes kan dibuat untuk menggali/mengukur kemampuan sebenarnya dari seseorang…

    nah.. kalo dikasih trik, berarti sama aja memberitahu bagaimana caranya memanipulasi hasil psikotest dong..????

    [ngemeng apa gw.....??]

    • masalahnya jar….sekarang yang namanya psikotes jadi ukuran kelulusan sebuah saringan…dan kalau saya melihat orang dengan ketrampilan yang mumpuni untuk spseifikasi yang dibutuhkan….sementara secara psikotes (pas dia ngerjakan mungkin pas bete) jadi gak lulus….jadi gak lulus deh….siapa tahu bisa buat bantu siap-siap

  2. tes2 tsb jg perlu melihat profil perusahaan yg kita lamar gan….
    kalo profil perush biasa to sedang2…and tesnya bejibun palagi pake jasa outsource…kr2 imbang dg sallarynya nti gak…nah itu perlu pertimbangan dan inpo dr temen2 yg pernah/sedang bekerja dsitu to tau skala perush tsb.
    kr beerulang kali tes psikotes dll, ujung2nya wawancara fail dgaji.. karena perush cari individu berpengalaman dengan gaji fresh graduate….salam

  3. Trima kasih atas informasinya .

    Jika anda gagal tes untuk kenaikan jabatan jangan pernah menyerah. Ulangi kegagalan kegagalan tersebut, sampai atasan anda menyerah… he he

  4. makasi brai…
    kmren2 sempet dpet soal kyak gini…
    dari sini gua tau kalo hasil jawaban gua ancur…hhhhh

    • ini juga karena pengalaman tes ane yang ancurr…gan…hadeehhh…makanya ane ambil referensi dari mane2 siapa tahu bermanfaat…..

  5. Pingback: Psikotes Wartegg | ada cerita apa hari ini?

  6. maz’rizaa…
    thank bgt nie buat info’y.. pantesan saya ga mulus2 jalan buat ktrima di prusahaan ternyata psikotes yg saya kerjain amburadulllll”….apa lg pas gambaaaarrrr…. aduuuh ampun itu anccccuuuuurrr bgt daaah…”=(
    blog’y amat sangaat bermanfaat untuk saya..”
    haturnuhun….

  7. Yg tentang tes krapelin dan paulin itu bnr gk mas? emang kolom2 selain 13-20 dan 40-43 gak diperiksa? udah pernah mraktikin blm mas?

  8. makasih mas.. kmrn sy jg dpt test persis kaya’ diatas, dan dinyatakan gagal dan ada rencana nyoba lagi. kira2 ada versi laen gak ya… makasih mas brow… smoga makin sukses buat mas brow-nya… makin rame blognya… makin berlipat pahalanya.

  9. Boleh nanya…
    aku kemaren lagi tes psikologi
    dsitu aku disuruh bikin garis lurus dai kertas HVS.
    digambar secaara lanscape, dari ujung satu ke ujung lain.
    tes sperti itu untuk mengetahui apa dari kita?

  10. heran saya melihat psikotes, mg kemampuan dari berbagai sisi dapat dilihat dari skoring di kertas. kemampuan dan ketahanan bekerja seseorang itu dilihat dari kinerja nya . Bisa saja pada saat psikotes dia sudah tau trik nya seperti yg diatas, trus pas interview dia punya charm yg sangat baik, tak taunya setelah bekerja dia ngulah, emosi jiwa, dan melakukan tindakan yg tidak dapat ditolerir di perusahaan.
    Pada saat terjadi demikian, kenapa org2 HRD nya malah tidak dapat mengukur ? dengan kata lain, ilmu psikolog tidak dapat diterima mutlak, dikarenakan pada dasarnya menggunakan prinsip sosial.

    tapi makasih ya triknya…

    Chandra

  11. gan, makasi infonya… kemaren iseng2 ga sengaja baca blog agan, ternyata test waktu psikotest tadi keluar (tes warteg nya sama)
    ane inget tipsnya doang.. tapi gambarnya kreasi sendiri,,,
    thx gan..
    btw, yang gambar manusianya kok ga sekalian diterangin gan maksudnya apa?

  12. Tes Logika Aritmatika paling mnyebalkan -.- 2..4…7…1…5….7 bla bla bla :( sampe saaat iini blum tau cari penghitungannya… :( Share dong cara perhitungannnya bagaimana?..

    • Pertama saya memang bukan psikolog ataupun semacamnya, hanya share saja mengenai trik psikotes buat modal temen-temen tenang di hati pas mau ujian, nah pengalaman saya ada juga teman yang berprinsip tidak mau menggambar (orang) ataupun tidak bisa sama sekali. Bagaimana kalau seperti itu, kemarin saya sempat ngobrol sedikit dengan psikolog, info dari beliau, bahwa sebenarnya terdapat beberapa macam alat tes yang bisa digunakan ketika salah satu alat tes tidak digunakan (menggambar), namun ketika yang dalam sebuah psikotes, alat tes “menggambar” digunakan maka pilihannya menggambar atau langsung ndak lulus…. ^___^ wallohu’alam

  13. sangat membantu, sdh sy terapkan dn lolos. terimakasih @rizasatrianugraha
    selanjutnya interview yg membuat gagal ;(

  14. Wah baru tahu ada yg bahas ginian..makasih banyak sebelumnya :)),
    kira2 ada tips nggak untuk yang menggambar manusia?

  15. Hasil psikotes itu untuk mengukur potensi diri yang nanti fungsinya adalah untuk melihat kecocokan “kondisi diri dan kemampuan” anda dengan pekerjaan yang anda lamar yang mana hal ini sebenernya untuk kebaikan diri anda sendiri. Nah kalau sekarang anda mengikuti trik-trik yang ada di buku ataupun blog seperti ini sebenarnya anda menyulitkan diri anda sendiri di kemudian hari. Coba anda bayangkan, jika anda mengerjakan psikotes dan itu bukan hasil diri anda sendiri (hasil trik psikotes) dan anda dinyatakan lulus karena anda dinilai cocok sesuai dengan tuntutan perusahaan (tetapi jika anda mengerjakannya hasil diri sendiri sebenernya anda tidak lolos) maka yang akan terjadi adalah anda akan cenderung kurang mampu menampilkan performance kerja yang optimal dan anda sendiripun akan kurang nyaman bekerja disitu, bisa jadi stress karena mengalami kesulitan untuk memenuhi tuntutan perusahaan.

    Jadi Jika anda gagal dalam suatu psikotes, hikmah positif yang bisa anda ambil adalah bahwa anda dinilai “kurang cocok” (bukan tidak mampu) untuk bekerja sesuai dengan tuntutan perusahaan tersebut, tapi tidak menutup kemungkinan lain bahwa akan cocok atau akan sesuai dengan tuntutan di perusahaan lain atau saran lain adalah anda merubah posisi /jabatan yang akan anda lamar, yang disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan diri anda sendiri.

    Jadi pointnya adalah anda ketahui terlebih dahulu sejauh mana kemampuan anda, bagaimana anda secara pribadi dan apa job desc (tanggung jawab / tuntutan) dari posisi yang anda lamar. Jika semua itu sejalan (cocok) kemungkinan anda diterima, tetapi ingat bahwa yang melamar tentunya bukan hanya anda seorang, perusahaan akan memilih mana yang terbaik. so do ur best n be ur self :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s